Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

Rabu, 21 Januari 2015

Siswa Espara Beraksi Membuat Bokashi

Espara - Kembali, siswa kelas 9 praktik membuat pupuk organik bokashi. Bertempat di lahan kosong sebelah utara, siswa kelas 9 mengeluarkan berbagai bahan dan alat untuk membuat pupuk bokashi. Sudah tahu kan apa itu pupuk bokashi...?
Yuk lihat anak2 Espara saat mereka beraksi membuat pupuk bokashi...
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  Bokashi dipopulerkan pertamakali di Jepang sebagai pupuk organik yang bisa dibuat dengan cepat dan efektif. Terminologi bokashi diambil dari istilah bahasa Jepang yang artinya perubahan secara bertahap. Sedangkan EM4 merupakan jenis mikroorganisme dekomposer untuk membuat pupuk bokashi. EM4 dipopulerkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang.
 
Proses pembuatan pupuk bokashi relatif lebih cepat dari pengomposan konvensional. Bokashi sudah siap dijadikan pupuk dalam tempo 1-14 hari sejak dibuat, tergantung dari bahan baku dan metode yang digunakan. Membuat bokashi sangat mudah, bisa dilakukan dalam skala rumah tangga maupun skala pertanian yang lebih besar. Berikut ini kami jelaskan tahap-tahapnya.
kalo ingin lihat video mereka saat mengaduk-aduk bahan buat bokashi, lihat disini :





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan