Artikel :
MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA ICT DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
SQH MATERI HIJRAH KE MADINAH SISWA SMP KELAS VII
Oleh : Elok Riskiyah, S. Ag
Banyak sejarah dan
peristiwa yang telah digoreskan oleh nabi Muhammad saw. Di antara goresan
sejarah yang sangat monumental dalam perjalanan hidup Rasulullah saw adalah
peristiwa hijrah Rasulullah saw dan sahabatnya dari kota Mekkah ke kota
Madinah. Dalam peristiwa tersebut tampak sosok manusia yang begitu kokoh dalam
memegang prinsip yang diyakini, tegar dalam mempertahankan aqidah, dan gigih
dalam memperjuangkan kebenaran. Sehingga sejarah pun dengan bangga menorehkan
tinta emasnya untuk mengenang sejarah tersebut agar dapat dijadikan tolok ukur
dalam pembangunan masyarakat madani dan rabbani, tegak di atas kebaikan, tegas
terhadap kekufuran dan lemah lembut terhadap sesama muslim. Peristiwa hijrahnya Nabi dikenal dengan Tahun
baru hijriyah. Dalam memperingati Tahun Baru
Hijriyah memang kita bisa merasakan bedanya peristiwa penyambutan tahun baru
Masehi dan tahun baru Islam (Hijriyah). Tahun baru Islam disambut biasa-biasa
saja, jauh dari suasana meriah, tidak seperti tahun baru Masehi yang disambut
meriah termasuk oleh masyarakat muslim sendiri. Sebagai
titik awal perkembangan Islam, seharusnya umat Islam menyambut tahun baru Islam
ini dengan semarak, penuh kesadaran sambil introspeksi, merenungkan apa yang
telah dilakukan dalam kurun waktu setahun yang telah berlalu. Oleh karena itu agar para pemuda khususnya para pelajar
dikalangan SMP dapat mempunyai rasa bangga dengan peristiwa
hijrahnya nabi Muhammad ini dan meninggalkan sikap yang melampaui batas dalam
merayakan tahun baru masehi, maka pembelajaran tentang hijrahnya Nabi Muhammad
SAW harus dikemas dengan menggunakan pembelajaran yang berbasis ICT, karena media
pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran
dengan memanfaatkan teknologi informasi atau TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi) saat ini sangat digemari
dikalangan pelajar. Pembelajaran
yang dikemas menggunakan media ICT akan mempunyai pengaruh besar terhadap para
pelajar didalam memahami makna yang terkandung dalam peristiwa hijrahnya Nabi, sehingga berpengaruh terhadap perubahan sikap,
pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh para pelajar sesuai dengan
tujuan yang terkandung dalam Permendiknas no 54 Tahun 2013 tentang Standar
Kompetensi Lulusan.
Pendekatan yang digunakan
dalam pembelajaran ini adalah pendekatan scientific, dan Teknik pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan
kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2
Tenggarang dalam menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW periode
Madinah adalah SQH (STUDENT QUESTION HAVE). Teknik ini cocok digunakan karena SQH (STUDENT QUESTION HAVE) dikembangkan untuk melatih peserta
didik agar memiliki kemampuan dan ketrampilan bertanya. Strategi ini membagi
peserta didik menjadi berkelompok sehingga dengan peserta didik berkelompok
hampir tidak mungkin bahwa salah satu peserta didik akan diabaikan dan sulit
juga bagi peserta didik untuk tidak aktif, sehingga dengan kelompok diharapkan
peserta didik dapat berpartisipasi dan berperan secara aktif”. Dengan semua
peserta didik mengikuti pembelajaran secara aktif, maka hikmah yang terkandung dalam
pembelajaran tentang “hijrah Ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan” dapat
memantapkan hati peserta didik untuk menjadikan moment hijriyah itu sebagai
langkah awal didalam melakukan perubahan sikap, pengetahuan dan ketrampilan
menjadi lebih baik dan lebih berkualitas.
Kompetensi yang akan dicapai dalam
pembelajaran ini Sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah Kompetensi Inti 2 (sikap),
Kompetensi Inti 3 (pengetahuan) dan Kompetensi Inti 4 (ketrampilan). Kompetensi
dasarnya adalah : Meneladani perilaku
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah, Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW Periode Madinah. Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah. Dengan indikator pencapaian kompetensi
antara lain : Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan
Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
Siswa dapat mendemontrasikan contoh perilaku meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah, Siswa mampu menerangkan
sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah, siswa mampu menunjukkan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah. Siswa mampu menjelaskan strategi
perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
Sedangkan tujuan dari pembelajaran dengan menggunakan media ICT dan
teknik pembelajaran SQH(STUDENT QUESTION HAVE) yang mengasah kemampuan siswa untuk bertanya dan
berdiskusi, maka diharapkan siswa mampu meneladani perjuangan Rosulullah ketika
hijrah dan mampu menerangkan dengan baik sejarah perjuangan dan strategi
perjuangan NabiMuhammad periode Madinah.
Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan adalah Setelah melakukan
berbagai aktivitas seperti guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama, 1. guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran, guru memotivasi peserta didik dengan sedikit menceritakan kisah
heroik tentang perjuangan Rosulullah ketika hijrah ke Madinah, kemudian guru membentuk
kelompok maksimal 5 orang 2. Guru menayangkan kisah heroik tentang
perjuangan Rosulullah SAW ketika hijrah ke Madinah
melalui media pembelajaran power point. 3. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengamati dengan seksama tayangan tentang hijrahnya Rosulullah SAW sehingga
akan merangsang peserta didik untuk bertanya.4. Setelah tayangan tentang
hijrahnya Rosulullah selesai, guru membagikan potongan kertas
kepada peserta didik untu menuliskan
pertanyaan-pertanyaan mengenai tayangan yang sudah diamatai oleh peserta didik.
5. Guru mengumpulkan potongan kertas terseut, Setelah lembaran terkumpul, secara acak perwakilan
kelompok mengambil salah satu potongan kertas yang berisi pertanyaan tersebut. 6. Dan kelompok tersebut wajib untuk
menjawab pertanyaan tersebut. 7.Guru
boleh membantu jika ada siswa yang sudah tidak mampu memecahkan soal/pertanyaan. 8.Guru memberikan penguatan-penguatan dengan
menyangkan beberapa penjelasan tentang hijrahnya Rosulullah SAW melalui media
power point. Setelah langkah-langkah pembelajaran tersebut dilakukan kemudian
guru melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dapat
menyerap kejelasan dan kedalaman materi, kejelasan dan kerapian
presentasi, dan guru juga melakukan
evaluasi tentang keaktifan siswa dalam
berdiskusi.
Dari
uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media pembelajaran ICT dengan Tekhnik pembelajaran
SQH akan sangat membantu
keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran. Di
samping membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran berbasis ICT dan tekhnik SQH juga
dapat membantu siswa di dalam meningkatkan
pemahaman tentang hijrahnya
Rosulullah SAW, sehingga diharapkan peserta didik dapat mempunyai sikap,
pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional permendikbud
No 54 Tahun 2013.
0 komentar:
Posting Komentar