A. Ketuntasan Belajar Minimal
Ketuntasan belajar didasarkan pada beberapa pertimbangan, diantaranya : intake peserta didik, kemampuan daya dukung (sarana/prasarana), dan kompleksitas tiap-tiap mata pelajaran. Untuk mengukur kemampuan rata – rata peserta didik, sekolah menentukan target tertentu.
Sekolah secara bertahap dan kerkesinambungan selalu mengusahakan peningkatan kriteriaKetuntasan Minimal.
Berikut ini tabel nilai KKM yang menjadi target pencapaian.
Ketuntasan belajar ditentukan berdasarkan:
a. Kompleksitas
b. Daya dukung
c. Intake peserta didik
Berdasar pertimbangan di atas KKM setiap Mata Pelajaran di SMP Negeri 2 Tenggarang ditetapkan sebagai berikut:
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KELAS 7
|
KELAS 8
|
KELAS 9
|
1
|
Pedidikan Agama
|
71
|
71
|
75
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
70
|
71
|
72
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
70
|
70
|
70
|
4
|
Bahasa Inggris
|
70
|
70
|
70
|
5
|
Matematika
|
70
|
70
|
70
|
6
|
IPA
|
70
|
70
|
70
|
7
|
IPS
|
70
|
70
|
70
|
8
|
Seni budaya
|
70
|
72
|
70
|
9
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
73
|
72
|
72
|
10
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
72
|
72
|
72
|
11
|
B. Muatan Lokal
| |||
a. Bahasa Jawa
|
70
|
70
|
70
| |
a. BTQ
|
70
|
70
|
70
|
Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan sesuai KKM yang telah ditentukan, wajib mengikuti kegiatan remidi. Remidi dapat dilakukan sampai siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal setiap Kompetensi Dasar. Nilai hasil remidi tidak dapat melebihi dari KKM. Bagi siswa yang telah mencapai nilai sama atau lebih besar dari KKM akan mendapat layanan pengembangan materi. Maka dengan demikian guru dalam menyusun RPP perlu menyiapkan materi untuk remidi dan indikator pengembangan Kompetensi Dasar untuk pelayanan pengembangan pengayaan materi
0 komentar:
Posting Komentar